Saturday, May 06, 2006

Save Our Borneo


Save Our Borneo [SOB] adalah gerakan [movement] bersama upaya penyelamatan Kalimantan yang pada saat ini dalam tingkat kerentanan dan ancaman yang sangat tinggi sebagai akibat eksploitasi asset alam dan sumber kehidupan rakyat yang dilakukan dalam skala massif dan tidak bertanggungjawab.

SOB akan melakukan berbagai upaya diberbagai tempat dan jenjang untuk memastikan bahwa dalam masa kedepan Kalimantan harus menjadi tanah harapan bagi hidup dan kehidupan rakyat dan sekaligus sebagai penyangga bumi yang menyediakan berbagai sumber kehidupan bagi rakyat secara berkelanjutan.

SOB bertujuan untuk memastikan bahwa pengelolaan asset alam dan lingkungan Kalimantan dilaksanakan secara adil dan demokratis melalui penyelenggaraan pemerintahan yang baik dan bersih yang menghormati Hak Azasi Manusia, nilai-nilai kearifan masyarakat adat dan budaya lokal serta memperhatikan hak rakyat atas keberlanjutan kehidupan antar generasi.

Untuk mencapai tujuannya, maka segenap gerak langkah dan aktivitas SOB harus ditujukan bagi kepentingan rakyat diatas segalanya. Rakyat harus diberikan dan mempunyai ruang yang cukup untuk menentukan pilihan pada pembangunan yang dibutuhkannya. Rakyat juga harus diberikan hak untuk mengatakan TIDAK bagi pembangunan yang tidak dikehendakinya.

Segenap komponen SOB wajib melakukan sikap melawan pada pembangunan dan eksploitasi asset alam dan sumber kehidupan rakyat yang tidak menempatkan rakyat sebagai penentu utama, melanggar HAM dan merusak lingkungan. Siapapun pelakuknya.

SOB akan bekerja secara legal dengan mempengaruhi dan terlibat dalam penentuan kebijakan pengelolaan asset alam dan lingkungan serta bekerja bersama kelompok masyarakat lainnya untuk menegakan supremasi dan kedaulatan rakyat dalam menentukan keberlanjutan dan sumber kehidupan.

Oleh karena itu SOB setidak-tidaknya akan bekerja untuk memperkuat kapasitas rakyat, melakukan kajian-kajian strategis, menjalankan propaganda pengelolaan asset alam dan sumber kehidupan yang berpihak kepada rakyat, mengumpulkan dan menyediakan data, dokumentasi dan informasi Kalimantan serta membangun jaringan dan kemitraan dengan segenap pihak yang berpotensi mendukung pencapaian tujuan penyelamatan Kalimantan

2 comments:

Yanti78 said...

nordin kok saya lupa sama kamu ya? padahal saya juga tergabung dalam ekspedisi poligon 99 ke bukit raya. Waktu itu saya dari jakarta ceweknya ada 4 orang ( Yanti, Yuli, Dima dan Susan ) satu orang dari mapala untan Heni.Pasti kamu masih punya poto2nya kan. Tapi saya ingetnya cuma sama Mapala Untan ( Niwan ) gak tau sekarang dimana.

Nordin said...

saya ingat kok sama kamu, kirim email kesini atau ke email saya nordin1211@yahoo.com.sg atau ke fb saya Abah Nordin