Friday, July 15, 2011

Norwegia Investasi Sawit Bermasalah

Suara Pembaruan

Kamis, 3 Maret 2011 ÷ Ekonomi

Norwegia Investasi Sawit Bermasalah


[JAKARTA] – Norwegia ditengarai mencederai Letter of Intent (LoI) dengan pemerintah Indonesia karena negara tersebut menempatkan dana pensiun pemerintah di perusahaan perkebunan sawit yang melakukan land clearing tanpa izin. Direktur Eksekutif Greenomics Indonesia Elfian Effendi di Jakarta, Rabu (2/3), mengatakan pemerintah Norwegia justru memiliki investasi saham di lima group perusahaan sawit yang beroperasi di Kalimantan Tengah. Beberapa perusahaan dalam group tersebut terindikasi ilegal karena tidak memiliki izin pelepasan kawasan hutan dan atau izin pemanfaatan kayu. Menurut Elfian, total nilai investasi The Government Pension Fund (dana pensiun pemerintah Norwegia/GPFG) di lima grup perusahaan tersebut mencapai US$ 183 juta.

Kalimantan Tengah merupakan provinsi percontohan pelaksanaan MoU yang diteken pada 26 Mei 2010. Adapun lima group perusahaan sawit yang sahamnya dimiliki pemerintah Norwegia tersebut adalah Golden Agri Resources Ltd (GAR/Sinar Mas Group), yang berbasis di Singapura, Wilmar International Group, IOI, Sime Darby, dan Astra Agro Lestari. [H-12]

4 comments:

Anonymous said...

Din...lagi - lagi gw perlu komen nih..
Din...lu dah berapa lama gabung di NGO? kemaren sore apa?
Din kalau ngomong tuh pake data/speak by data...
Jangan asal mangap aja...

---sekedar masukan---

Nordin said...

gw jg mau tanya, loe itu siapa sih ? baru kemarin lahir ya sehingga tdk bernama, data apa yg kamu mau akan sy kirimkan jafri jika dibutuhkan.

Nordin said...

loe liat gx itu tulisan dari koran SP

Anonymous said...

wah...parah lu..gw kirain itu data lu,klo itu sama aja dengan ponakan gw sd kls 5 bisanya bt kliping koran doang